Saturday 21 October 2017

#travelreview : Edu Hostel

Halo!

Belakangan ini saya sering di datangi oleh teman-teman saya dari luar kota untuk main ke Jogja. Dari mereka yang datang ada yang nginap di tempat saya, ada yang di hotel. Nah, kedatangan teman saya kali ini nginap di hostel yang saya juga penasaran sih. Akhirnya saya juga ikutan nginap hihi jadi penginapan/hotel yang akan saya review kali ini, adalah.....

EDU Hostel
Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia

Lokasinya berada di Jalan Letjen Suprapto No. 17, Yogyakarta. Posisinya cukup dekat dengan Stasiun Tugu Yogyakarta, Malioboro, Keraton, Alun-Alun Selatan, Tamansari dan Jogja Nasional Museum. Bangunannya juga mudah ditemui. Awal tau hostel ini karena mau cari penginapan seperti My Studio Hotel untuk daerah Jogja. Lagi asik-asik browsing eh ketemu deh hahaha. Jika dilihat dari bangunannya, EDU Hostel ini seakan kayak hotel malahan. Fasilitas yang disediakan kurang lebih kayak menginap di hotel.

EDU Hostel

Untuk memenuhi rasa penasaran, saya ikut menginap semalam disini dan langsung mesan ditempat. Kalo mau pesan via online juga bisa dan lebih murah hampir 10-20 ribu. Ada pilihan kamar tidur juga loh. Untuk female dan men dorm (terpisah, ga ada mixed dorm) yang diisi 6 orang dengan harga Rp 80.000,-/malam/orang. Untuk private dorm yang diisi 4 orang dengan harga Rp 460.000,-/malam. Pilihan saya jatuh di female dorm. Jadi dikasih satu kunci dan disebutkan nomor tempat tidurnya yang mana saat check-in. Dikenakan biaya deposit sebesar Rp 50.000,- untuk kunci kamar dan akan dikembalikan saat check-out.

lobby area
mural maps around Jogja

Menuju ke kamar berasa kayak di hotel pada umumnya karena berlorong gitu dan terbagi beberapa kamar. Saat saya masuk ke kamar, udah ada beberapa barang dari tamu hostel yang satu kamar dengan saya. Ruangannya ga begitu sempit. Masih cukup nyaman kok. Dengan ruangan seperti ini buat saya makin berasa sharing room-nya. Toilet dan ruang mandi juga terpisah. Ruang mandi bisa diisi 2 orang satu ruangan, tapi sayang gantungan hanya di pintu masuk kamar mandi dan penutup antar shower dan wastafel sebatas tirai. Untuk arah solat terlihat tandanya di bagian langit kamar, tapi ga ada sajadah ataupun mukena, jadi siap-siap bawa sendiri yaa hehe. Tapi kalo mau solat di mushola-nya juga bisa di lantai lobby. Tersedia juga jemuran berdiri untuk bersama. 

female dorm
Untuk fasilitas, EDU Hostel menyediakan sebagai berikut: 
- sarapan (menu berbeda setiap hari)
- handuk dan selimut
- kamar mandi di setiap kamar. Tersedia sabun dan air panas.
- free wifi (tapi hanya di lobby area saja)
- loker tiap bed (sayang ga ada kuncinya, jadi harus bawa sendiri atau beli di resepsionis. colokan listrik juga tersedianya di dalam loker)
- parkir gratis (tapi akan di tutup mulai dari jam 01.00 - 04.00 pagi, seingat saya)
- ruang santai di dekat lobby
- komputer yang bisa di akses
- rooftop dengan side swimming pool
menu list
breakfast on that day
Yang menyenangkan disini adalah ruang santai dan rooftop nya. Cozy sekali loh! Jadi di ruang santainya ada tv, gitar, mainan bola meja gitu, beberapa buku bacaan dan kursi yang nyaman. Di rooftop nya apalagi, ada side swimming pool yang terlihat kecil tapi cukup lumayan untuk berenang cantik diatas hahaha. Ada beberapa kursi santai dan bisa melihat pemandangan dari atas. Bangunannya juga menghadap ke timur, jadi bisa melihat sunrise dari atas loh. Cuma pas saya nginap disana ga dapat karena ketutup awan gelap :( dan rooftop ini ada jam-jam buka gitu, jadi kalo mau keatas di luar jam-nya bisa menghubungi bagian resepsionisnya. 

ruang santai
rooftop
side swimming pool
Pelayanannya juga cukup ramah. Beberapa dindingnya ada mural seputaran Jogja gitu. Oh iya, tersedia paket tour juga loh! Tour yang disediakan beragam dengan sistem sharing tour dari hotel lain yang bekerjasama. Untuk harganya sih cukup lumayan dan cocok untuk yang cari kepraktisan perjalanan. Bisa booking sehari sebelum keberangkatan dengan menyesuaikan jumlah peserta. Selain itu, hostel-nya juga ga begitu berisik. Untuk menuju lokasi wisata juga ga begitu jauh. Menginap semalam disini buat saya cukup oke dengan budget nginap murah tapi fasilitas ala hotel. Saya merekomendasikan hostel ini untuk para backpacker. Selamat berlibur!

Sumber : Google Maps
Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di website atau di instagram EDU Hostel. 


fin & thankyou :)



note: ini murni review berdasarkan pengalaman pribadi. Harga yang tertera per Oktober 2017. Semoga bisa membantu kalian yang mencari penginapan di Yogyakarta dan sekitarnya dengan rekomendasi hotel disini :)

No comments:

Post a Comment